Rabu, 22 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Jumat, 13 Agustus 2021)

Bacaan: Roma 8:37 “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.”

Renungan:
Ada seorang bernama Jerry Siegel yang memunyai ide menciptakan tokoh manusia yang memiliki kemampuan fisik luar biasa. Bersama temannya, Joe Shuster yang pandai menggambar karakter kartun, terciptalah tokoh manusia super itu. Namun, kenyataan pahit harus mereka alami. Selama bertahun-tahun ditawarkan ke berbagai penerbit, komik ciptaan mereka tidak kunjung laku. Puncak kehancuran mental mereka terjadi saat seorang editor perusahaan komik langsung tertawa ketika melihat gambar komik mereka. Karena frustasi dan putus asa, akhirnya mereka menjual komik dengan segala hak ciptanya kepada perusahaan komik tersebut hanya senilai
US$ 130. Itulah kesalahan terbesar Siegel dan Shuster yang terlalu mendengarkan sebuah kritikan dan mudah menyerah. Sebab, beberapa tahun kemudian, karakter komik mereka meledak dan menjadi pujaan. Itu adalah komik Superman. Komik Superman begitu laris hingga difilmkan dan sampai saat ini menjadi idola anak-anak di seluruh dunia. Perusahaan komik itu mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sementara penciptanya hanya mendapatkan US$ 130, dikarenakan percaya akan perkataan negatif dari editor perusahaan komik dan mudah sekali putus asa.
Salah satu hal yang menyebabkan kejatuhan manusia adalah terlalu mudah putus asa dan terlalu gampang untuk percaya akan perkataan negatif orang lain terhadap dirinya. Apa yang harus kita lakukan ketika orang lain mengkritik dan mencemooh kita? Mari, kita gunakan hal itu hanya sebagai alat introspeksi diri, kalau kritikan itu benar adanya, mari mengubah diri kita menjadi lebih baik, namun jangan biarkan kritik itu membuat kita menjadi putus asa dan menyerah. Milikilah semangat dan keyakinan diri yang didasarkan pada janji Tuhan, bahwa setiap kita adalah lebih dari pemenang. Seorang pemenang bukannya orang yang tidak pernah kalah ataupun gagal, namun seorang pemenang adalah orang yang tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, lepaskanlah keputusasaan yang saat ini mengikatku karena situasi pendemi yang menggagalkan semua rencana yang sudah aku siapkan dengan baik. Berilah aku semangat dan keyakinan yang penuh bahwa bersama dengan Engkau ada kesuksesan yang siap aku raih. Amin. (Dod).