Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Minggu, 29 Agustus 2021)

Bacaan: Mazmur 27:13-14 “Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!”

Renungan:
Suatu ketika ada seorang ibu yang memikirkan anak laki-lakinya yang terpengaruh pergaulan buruk bersama teman-temannya. Sang ibu berdoa dan berusaha menyuruh anaknya untuk kembali ke gereja dan hidup baik kembali, tetapi anaknya tidak mau melakukannya. Si ibu pun hanya bisa berdoa saja, tetapi semakin ibunya berdoa, anaknya semakin terpengaruh teman-temannya menjadi lebih buruk lagi. Singkat cerita akhirnya anaknya masuk penjara. Tetapi ibunya tidak menyerah. Ia terus meyakini perkataannya, “Adapun saya dan rumah saya, kami akan melayani Tuhan. Benih orang benar pasti diberkati.”
Pada suatu hari Minggu pagi, anaknya yang berada di penjara sedang menonton televisi. Tiba-tiba seorang narapidana yang lain datang dan ingin menonton acara yang lain. Merekapun mulai berebut remote control. Pada saat itu seorang narapidana lain melangkah masuk ke ruangan. Dia berbadan tinggi besar dan kekar. Dia merebut remote controlnya dan berkata, “Saya akan memutuskan apa yang akan kita nonton. Akhirnya ia memilih program televisi pelayanan rohani. Dia berkata, “Bagus. Kita akan nonton program pelayanan rohani hari ini.” Anak laki-laki itu kemudian bangkit dari tempat duduknya untuk pergi. Tiba-tiba narapidana yang bertubuh kekar itu mencengkeram kemejanya, menariknya kembali dan berkata, “Duduklah. Kamu akan menonton dengan saya.” Tuhan pun bekerja dengan cara yang ajaib. Saat dia melihat program pelayanan rohani itu, tiba-tiba anak laki-laki tersebut mulai merasakan kasih dan hadirat Tuhan yang tidak pernah dia rasakan sebelumnya. Dia pun mulai menangis. Pada akhir acara tersebut, narapidana bertubuh kekar tersebut kemudian mendoakan anak laki-laki itu. Sejak saat itu, anak laki-laki itu mulai rajin untuk beribadah di gereja setiap hari Minggu. Siapah yang akan berpikir bahwa karena dipaksa duduk untuk menonton program rohani Tuhan akan mengubah hidupnya? Tampaknya sesuatu yang aneh bagi pemikiran manusia, tapi itulah cara Tuhan untuk membawa kembali anak-anak-Nya.
Meskipun janji-janji Tuhan yang telah kita terima sepertinya tidak akan terjadi, namun percayalah bahwa Tuhan tetap setia akan janji-Nya. Mungkin keadaannya terjadi tidak seperti yang kita harapkan, namun percayalah bahwa Tuhan akan bekerja untuk menepati janji-Nya. Jadi jangan hanya memercayai apa yang terlihat di depan mata, namun belajarlah untuk memercayai rancangan terbaik Tuhan yang seringkali justru tidak tampak oleh mata jasmani kita. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, kini aku semakin percaya bahwa tidak ada perkara yang mustahil bagi-Mu. Tambahkanlah imanku agar aku semakin mengerti bahwa rancangan-Mu terlalu indah untukku. Amin. (Dod).