Rabu, 27 Oktober 2021

Kencan Dengan Tuhan (Rabu, 7 Juli 2021)

Bacaan: Roma 12:2 “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Renungan:
Pada tahun 1901, seorang bernama H.C. Booth sedang duduk di kursi goyannya sambil mengamati matahari terbenam dan angin yang bertiup bersama debu. Setelah beberapa saat merenung, muncullah sebuah pemikiran darinya, “Apa yang terjadi bila kita bisa mengubah arah angin? Bagaimana bila kita bisa menarik angin ke arah kita?” Beberapa tahun kemudian ia menemukan vacuum cleaner. Pada tahun 1700 an, seorang penduduk London bernama Jonas Hanway tidak mau menerima keadaan basah bila hujan datang. Setelah melihat alat yang serupa dengan tenda di dunia Timur, yang digunakan sebagai alat untuk berlindung dari sengatan matahari, dia menyesuaikannya untuk berlindung dari hujan. Saat itulah payung akhirnya diciptakan. Vacuum cleaner dan payung dapat tercipta karena ada orang-orang yang tidak mau begitu saja menerima keadaan. Mereka berpikir dan berpikir agar perubahan terjadi.
Saat menghadapi kesulitan ekonomi, keadaan yang pas-pasan, karier yang diam di tempat, rumah tangga yang kacau, pelayanan yang tidak berkembang, bagaimana sikap kita? Apakah kita hanya pasrah dan berkata, “Ini memang takdir saya,” atau sebaliknya kita berpikir dan mencari ide agar perubahan terjadi? Alfred A. Montapert mengatakan, “Hidup tidak akan lebih baik daripada apa yang telah kita rencanakan dan tindakan yang telah kita lakukan. Kita adalah arsitek dan pembangun kehidupan, keberuntungan dan takdir kita.” Banyak orang yang ingin keadaan hidupnya berubah menjadi lebih baik, namun hanya berdiam diri atau tidak melakukan perubahan apapun, baik dalam cara berpikirnya maupun dalam tindakannya.
Hari ini, mari kita menciptakan sesuatu yang baru bagi karier dan hidup kita. Jangan hanya menerima keadaan dan bersikap pasrah ataupun berpuas diri. Karena keadaan dan situasi kita tidak akan pernah berubah sebelum kita mengubahnya. Jadi, mari ubah cara berpikir kita menjadi lebih baik, sehingga tindakan kita juga akan berubah menjadi lebih baik, dan jangan pernah terkejut kalau keadaan kita juga akan menjadi semakin baik. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku hikmat-Mu agar aku mau mengembangkan kemampuan yang ada padaku sehingga mengubah segala sesuatu dalam hidupku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Amin. (Dod).


Selamat pagi dan berkiprah di hari Kamis. Tuhan Yesus Yang Maharahim dan Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dan umat manusia di muka bumi yang berserah pada-Nya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan Darah-Nya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekeluarga dan manusia di seluruh dunia yang berserah pada-Nya dari pandemi Covid-19 serta memberi kesejahteraan dan kesehatan prima sepanjang tahun 2021. Amen. +BDGY.