Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Rabu, 8 September 2021)

Bacaan: 1 Raja-raja 17:3
“Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan.”

Renungan:
Bertahun-tahun lalu, Chrysler mengumumkan bahwa mereka akan menutup 30 pabriknya yang ada di Amerika Utara selama satu bulan atau lebih dan kemungkinan akan memberhentikan lebih dari 10% karyawannya. Ketika Bob Harrison membaca berita itu di salah satu surat kabar, ia langsung tawar hati. Bagaimana tidak, baru sepuluh bulan lamanya ia menjadi manager umum dari sebuah dealer besar di California itu. Ia merenung cukup lama atas krisis penjualan tersebut, dan akhirnya tiba pada kesimpulan bahwa sesuai kontrak ia memang hanya bisa menjual mobil baru yang dibuat oleh Chrysler, tapi di sisi lain ia boleh menjual mobil bekas merk apapun. Jika ia dapat meningkatkan penjualan mobil bekas, maka dari transaksi itu Bob dapat bertahan. Beberapa hari kemudian, ia pergi ke sebuah lelang mobil grosir dan membeli beberapa mobil bekas. Kendaraan-kendaraan itu langsung terjual dan menghasilkan pendapatan yang dibutuhkan. Dalam beberapa bulan, penjualan mobil Chrysler baru mulai ramai lagi dan situasi menjadi stabil.
Suatu ketika Allah berfirman melalui Elia bahwa selama tiga tahun enam bulan tidak akan ada hujan di Israel. Jadi ia menyuruh Elia hamba-Nya itu untuk pergi ke sebelah timur sungai Yordan, yaitu di tepi sungai Kerit. Di sana ia akan mendapat air yang cukup bahkan makanan dikirim Tuhan melalui burung gagak.
Mari kita renungkan, apakah hari-hari ini kita merasa sumber pendapatan kita mengering? Apakah tabungan kita mulai menipis? Ketika menghadapi ini, Bob Harrison dan Elia memilih mencari sumber lain. Yang satu memilih menjalankan bisnis menjual mobil bekas dan yang lain lagi memutuskan taat pada perintah Tuhan untuk pergi ke daerah lain. Apa yang terjadi jika mereka tidak beralih dari sumber yang lama, yang mulai kering dan tidak menghasilkan lagi? Selamanya mereka tidak akan lepas dari krisis. Saat kita melewati musim kering, tidak ada salahnya melirik pada bidang-bidang lain yang mungkin bisa menjadi sumber pemasukan baru. Terkadang berkat baru dari Allah, baru bisa kita nikmati kalau kita pergi ke tempat di mana Tuhan menuntun kita. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku hikmat agar dapat mengatasi masalah keuangan yang saat ini aku alami. Biarlah dengan hikmat-Mu, Engkau akan menunjukkan jalan untuk membuka berkat baru bagi kehidupanku. Amin. (Dod).