Rabu, 22 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Sabtu, 14 Agustus 2021)

Bacaan: Ibrani 10:36 “Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.”

Renungan:
Napoleon Bonaparte adalah Jenderal perang Perancis yang sangat hebat pada zamannya. Namun kekalahannya di Waterloo atas tentara Inggris yang dipimpin oleh Duke of Wellington telah membuat banyak orang bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan kekalahan itu. Suatu hari seorang wartawan mewawancarai Napoleon ketika ia di penjara, “Jenderal, mengapa tentara Inggris bisa mengalahkan anda di pertempuran Waterloo? Apakah karena mereka memiliki tentara yang lebih banyak dan lebih kuat?” Napoleon menjawab, “Tidak.” Wartawan itu bertanya lagi, “Apakah karena mereka memiliki senjata yang lebih canggih?” Sekali lagi Jenderal Besar itu menjawab, “Tidak.” “Kalau begitu, mengapa anda kalah pada pertempuran itu?” tanya si wartawan. Napoleon terdiam sejenak, lalu berkata, “Itu karena tentara Inggris mampu berperang lima menit lebih lama dibandingkan tentara kami.”
Seringkali mereka yang mampu bertahan dan berjuang lebih lamalah yang akan memenangkan peperangan dalam hidup ini. James Corbett sang petinju juara dunia juga pernah berkata, “Bertarunglah sekali lagi. Ketika lengan anda terasa sangat lelah dan sulit diangkat untuk berjaga, bertarunglah sekali lagi. Ketika hidung anda berdarah, mata anda menjadi gelap dan anda sangat lelah sehingga mengharapkan lawan anda mematahkan rahang anda dan membuat anda terjatuh, bertarunglah sekali lagi. Ingatlah, orang yang bertarung sekali lagi tidak akan pernah terhempas.”
Apakah kita gagal karena kita berhenti terlalu cepat? Apakah kita tidak memeroleh keberhasilan karena kita terlalu cepat menyerah? Dalam hal apapun mari belajar untuk tidak berhenti terlalu cepat. Bila doa kita belum dikabulkan Tuhan, jangan berhenti berdoa terlalu cepat. Bila usaha kita belum menunjukkan hasil, jangan berhenti berusaha terlalu cepat
Bila pelayanan kita belum berkembang dengan baik, jangan berhenti melayani terlalu cepat, karena kemenangan seringkali menjadi milik orang yang mampu bertahan sedikit lebih lama dibandingkan orang lain. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, jangan biarkan keputusasaan menguasaiku dengan cepat saat aku tidak berhasil menjalankan tugas dan usahaku. Berilah aku semangat dan keyakinan baru bahwa aku mampu untuk melakukan itu semua dan pada akhirnyah kesuksesan ada di pihakku. Amin. (Dod).