Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Selasa, 14 September 2021)

Bacaan: Yohanes 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.”

Renungan:
Waktu saya masih kecil, saya pernah melihat ada orang yang sedang menancapi pohon mangga dengan paku-paku dan kulit batangnya digores-gores. Dulu saya berpikir itu hanya pekerjaan orang iseng yang sengaja merusak pohon mangga itu. Namun pada akhirnya saya mendapat jawaban bahwa menancapkan paku-paku di batang pohon mangga dan menggores-goresnya hingga keluar getahnya adalah salah satu cara untuk membuat pohon mangga itu berbuah lebat.
Mari kita coba sedikit berimajinasi. Kira-kira apakah yang dipikirkan dan dirasakan pohon mangga tersebut ketika paku-paku ditancapkan di batangnya dan kulit batangnya mulai digores-gores hingga mengeluarkan banyak getah? Sakit, perih dan luka. Meski terlihat kejam, tapi hasil akhirnya sungguh indah karena pohon mangga itu akhirnya berbuah lebat. Firman Tuhan juga menuliskan hal yang sama dengan gambaran tersebut di atas. Dalam Yohanes 15:2 dikatakan, “Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.”
Proses yang Tuhan izinkan terjadi memang menyakitkan untuk daging kita. Satu waktu rasa-rasanya kita ingin berontak ketika mengalami proses yang menyakitkan seperti itu. Namun jika kita bisa melihatnya dengan kacamata Tuhan, maka kita sadar bahwa itulah cara Tuhan agar hidup kita semakin berbuah. Tuhan sering meremukkan manusia daging kita ini supaya akhirnya buah Roh itu keluar dan nyata di dalam hidup kita. Jika manusia daging kita ini tidak bersedia diproses, tidak mau diremukkan dan hal-hal yang kotor tidak mau dipotong, maka kita tidak mungkin bisa berbuah lebat. Jika hari ini kita harus mengalami serangkaian proses pembersihan, proses pemotongan, proses pemakuan atau proses penggoresan daging, ingatlah baik-baik bahwa itu artinya Tuhan sedang menyiapkan buah-buah yang lebat dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku kekuatan kalau pada saat ini Engkau sedang memproses hidupku dengan permasalahan yang Kau izinkan terjadi dalam hidupku. Mampukan aku untuk melihat semua ini dari kacamata-Mu sehingga aku tetap berdiri teguh tak tergoyahkan karena aku tahu semua ini akan membawa kebaikan bagiku. Amin. (Dod).