Selasa, 21 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Selasa, 24 Agustus 2021)

Bacaan: 2 Timotius 2:22 “Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.”

Renungan:
Jean Henri Fabre adalah seorang ahli serangga dari Perancis. Saat berjalan-jalan di hutan, ia tertarik pada perilaku ulat-ulat bulu yang berjalan berurutan dalam sebuah barisan. Seekor ulat bulu berjalan mengikuti ulat bulu yang ada di depannya dan mereka terus berjalan beriringan. Henri lalu menangkap beberapa ulat bulu dan membawanya pulang. Di laboratoriumnya ia mengatur ulat bulu itu membentuk lingkaran mengelilingi pot bunga. Ternyata ulat-ulat itu kemudian kembali berjalan beriringan mengitari pot bunga tanpa berhenti.
Dalam hidup ini pun tanpa sadar kita seringkali juga bersikap seperti para ulat bulu tersebut. Seringkali kita hanya ikut-ikutan orang lain saja, tanpa menyadari apa yang sedang kita lakukan. Bila teman-teman kita ke diskotik, maka kitapun ke diskotik. Bila teman-teman kita mabuk, maka kita pun ikut juga. Bila orang lain menerobos lampu merah, maka kita pun ikut menerobos lampu merah juga. Kita melakukan suatu tindakan karena hal tersebut banyak dilakukan oleh orang lain. Kita mencari pekerjaan yang banyak dicari orang lain juga, tanpa mempertimbangkan bakat dan kemampuan kita. Seringkali kita hanya melakukan sesuatu yang umum dan tidak berani melakukan hal yang berbeda. Seseorang pernah berkata, “Jangan pergi mengikuti jejak orang lain, tapi pergilah ke tempat di mana tidak ada jejak dan tinggalkan jejak anda di sana.”
Kalau kita benar-benar ingin mendapatkan hasil yang berbeda dari kebanyakan orang, hasil yang lebih besar dan lebih baik, kita harus memiliki alasan dan prinsip yang teguh terhadap apa yang sedang kita lakukan. Jangan hanya melakukan sesuatu karena ikut-ikutan, namun marilah kita melakukan sesuatu karena memiliki alasan dan prinsip hidup yang jelas. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku hikmat agar aku tidak salah dalam melangkah menempuh hari-hari hidupku ke depannya. Biarlah semua yang kulakukan pada akhirnya menjadi berkat bagi banyak orang. Amin. (Dod).