Rabu, 27 Oktober 2021

Kencan Dengan Tuhan (Selasa, 29 Juni 2021)

Bacaan: Ibrani 12:5-8
Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;
karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.”
Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.”

Renungan:
Dave Anderson, seorang pemilik restoran besar Famous Dave’s menjelaskan tentang pentingnya sebuah masalah demi perkembangan mental kita. Ia berkata bahwa, “Sekolah mengajarkan disiplin teknis seperti matematika dan ilmu pengetahuan, namun bukan kesehatan mental. Yang perlu mereka ajarkan adalah bagaimana menangani persoalan. Setiap harinya anda dihantam oleh persoalan. Semakin tinggi posisi anda, semakin besar persoalannya. Orang-orang yang paling efektif telah mengalami masa-masa sulit. Mereka bilang, ‘Anda takkan dapat menjadi pelaut yang hebat jika hanya berlayar di laut yang tenang. Daripada lari dari masalah, lebih baik kejarlah masalah. Saya jamin hidup anda berubah. Begitulah cara anda maju, yaitu dengan menyelesaikan persoalan.”
Hidup kita tidak pernah lepas dari masalah. Bahkan kehidupan ini terdiri dari serangkaian masalah yang muncul. Masalah yang terjadi di masa lalu bisa jadi terulang kembali. Namun jika kita belajar dari permasalahan yang ada, kita akan mengatasinya dengan mudah. Oleh karena itulah semakin banyak masalah yang kita alami, dan semakin sering kita menanganinya, maka kita akan semakin mengerti dan memiliki cara-cara yang efektif untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. Satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah itu adalah dengan menghadapinya. Kita tidak perlu takut dan harus tetap optimis.
Tuhan menjanjikan keberhasilan dan kelimpahan. Namun demikian, Tuhan tidak menjanjikan segalanya berjalan dengan mudah. Akan selalu ada persoalan yang akan kita hadapi. Walaupun begitu, Tuhan tidak akan meninggalkan kita. Dia akan memberikan jalan keluar untuk setiap kesulitan yang kita hadapi. Kita harus berserah dan tetap percaya bahwa melalui masalah-masalah itulah Tuhan mendidik kita untuk menjadi lebih baik dan menjadi dewasa dalam segala hal. Jadi bersyukurlah atas masalah yang terjadi dalam hidup kita. Sebab itulah cara dan jalan Tuhan untuk memproses, mendewasakan dan membuat kita lebih mengandalkan-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, terima kasih atas setiap masalah yang Kau izinkan terjadi dalam hidupku. Kini aku percaya, Engkau mendidikku melalui masalah untuk menjadi seorang pemenang. Amin. (Dod).


Selamat pagi dan berkiprah dihari Selasa. Tuhan Yesus Yang Maharahim dan Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dan umat manusia di muka bumi yang berserah padaNya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan DarahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekeluarga dan manusia di seluruh dunia yang berserah padaNya dari pandemi Covid 19 serta memberi kesejahteraan dan kesehatan prima sepanjang tahun 2021. Amen.+BDGY.