Rabu, 27 Oktober 2021

Kencan Dengan Tuhan (Senin, 20 September 2021)

Bacaan: Ibrani 10:36 “Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.”

Renungan:
Di sebuah desa di Afrika, ada sebuah suku yang terkenal sekali bisa mendatangkan hujan. Suku pedalaman ini terkenal manjur sekali dalam keberhasilannya mendatangkan hujan, bisa 90% atau mencapai hampir 100%. Suku-suku lain menjadi penasaran dengan hal ini. Akhirnya merekapun mendatangi kediaman suku Massai dan menemui kepala sukunya untuk belajar. Kepala suku lain pun bertanya, “Wahai kepala suku Massai yang terhormat. Kami jauh-jauh datang kemari ingin belajar cara untuk mendatangkan hujan. Kami sudah lama mendengar tentang kehebatan suku Massai ini untuk mendatangkan hujan.” Kepala suku Massai pun menjawab, “Semua orang sebetulnya bisa seperti kami. Resepnya adalah kami terus menerus menari dan menyanyi sampai hujan datang. Kalau hujan tidak turun-turun juga, kami tidak akan berhenti. Kami akan terus menari dan menyanyi dengan penuh keyakinan bahwa hujan pasti akan turun. Kami hanya akan berhenti ketika hujan mulai turun. Jadi resepnya adalah lakukan terus saja dan jangan berhenti sampai hujan turun.”
Demikian juga dengan resep keberhasilan dalam hidup ini. Namun, mengapa sebagian orang berhasil dalam kehidupan mereka, sementara sebagian lagi mengalami kegagalan? Ada begitu banyak orang yang belum atau tidak berhasil karena mereka berhenti sebelum waktunya. Padahal kalau saja mereka mau terus berusaha dan terus belajar dari kegagalan mereka serta berdoa dengan penuh keyakinan, maka dipastikan sukses itu akan datang juga.
Jadi, jangan mudah menyerah dan jangan mudah berhenti di tengah jalan dalam apapun yang kita usahakan. Teruslah berusaha dengan giat dan meminta hikmat dari Tuhan. Kalau cara yang satu gagal, gunakan cara lainnya yang berbeda. Yang penting jangan sampai kita berhenti di tengah jalan, karena rahasia kesuksesan adalah terus berusaha, dan rahasia kegagalan adalah berhenti berusaha. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku kemauan dan kemampuan untuk menjalani tugas dan usahaku saat ini. Jangan biarkan keputusasaan mengikatku tadi gantilah dengan semangat yang berkobar-kobar dan pengharapan bahwa bersama7 dengan Engkau aku dapat meraih kesuksesanku. Amin. (Dod).