Selasa, 21 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Senin, 6 September 2021)

Bacaan: Roma 8:28
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Renungan:
Suatu ketika terjadi sebuah kesulitan yang dialami oleh para petani di Mason Dixon, Gettyburg Pensilvania, yaitu kenaikan biaya listrik yang sangat tinggi. Hampir semua petani mengeluh karena mereka tidak bisa mengelola lahannya. Hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa membayar biaya listrik. Akibatnya pupuk kandang dan kotoran sapi merekapun menumpuk. Namun Waybright bersaudara bersama saudara iparnya memilih untuk berhenti mengeluh dan mulai berpikir untuk menghasilkan listrik sendiri. Mereka membangun alat pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan gas metana dari pembakaran pupuk kotoran sapi yang berasal dari 2000 ekor ternak mereka. Dengan generator tersebut mereka berhasil mengurangi rekening listrik tahunan dari U$ 30.000 menjadi hanya U$ 15.000. Itulah bukti bahwa dibalik setiap kesulitan selalu terdapat kesempatan yang menguntungkan bagi orang-orang yang kreatif dan yang tidak mudah menyerah. Di kejadian lainnya, seorang anak muda yang penuh dengan ide kreatif berusaha menawarkan ide-idenya pada orang-orang yang berkantor di gedung mewah. Namun semua menolaknya. Akhirnya ia memutuskan untuk mengurung diri di garasi rumahnya. Bukan untuk merenungi nasib dan mengasihani diri sendiri, tetapi ia justru sedang berusaha untuk mewujudkan ide cemerlangnya. Dan akhirnya, berawal dari garasi yang sederhana, berdirilah perusahaan komputer raksasa yaitu Apple Computer yang sangat terkenal di dunia.
Bila kita memerhatikan sekeliling kita, ada banyak barang yang dianggap orang tidak berguna, justru di tangan orang yang kreatif dapat menjadi sebuah maha karya yang punya daya jual tinggi. Sebut saja eceng gondok, kertas koran, kulit telur, kardus bekas, bahkan kotoran hewan pun dapat disulap menjadi produk yang bermanfaat bagi kehidupan.
Terkadang memang sulit untuk menjadi kreatif. Namun kita dapat memulainya dari hal yang sederhana. Bila kita membiasakan diri untuk berpikir lain dari yang biasanya, lama kelamaan otak dan pikiran kita pun dengan sendirinya akan memunculkan ide-ide yang brilian dan kreatif. Jadi mari berpikir dan bertindak kreatif. Jangan mudah menyerah, namun mari mencari peluang dibalik setiap tantangan yang kita hadapi, dan jangan terkejut kalau ada berkat yang tiba-tiba kita temukan dibalik setiap tantangan, karena Tuhan kita selalu turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, berilah aku hikmat-Mu agar di dalam menjalankan tugas dan pekerjaanku, aku selalu mendapatkan ide-ide cemerlang untuk memajukan usaha dan pekerjaanku saat ini. Amin. (Dod).