Jumat, 18 Juni 2021

KONVENAS KE-3 PUKAT

Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat. Perubahan begitu cepat berlangsung. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Umum Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT) Ferdinandus Ferry Jusuf Gunawan pada Pembukaan Konvensi Nasional (Konvenas) ke-3 PUKAT di Hotel Hilton, Bandung, Jumat, 22/02/2019.

Menurut Ferry Jusuf, tiap PUKAT Keuskupan harus mampu bersinergi dengan masing-masing keuskupan. “Jangan menjadi raja-raja kecil di keuskupannya. Kita harus mampu melakukan pemberdayaan,” ujarnya.

about:blankREPORT THIS AD

Ferry Jusuf berharap, dalam Konvenas PUKAT mampu menjawab tantangan zaman ini yang sarat dengan perubahan. “Saya juga berharap, Konvenas ini melahirkan pemimpin-pemimpin PUKAT yang bisa menjawab tantangan saat ini dan ke depan,” tambahnya pada sambutan dan pertanggung-jawaban pengurus.

Konvenas ini dihadiri 12 Pukat dari seluruh Indonesia. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Pastor Danny Sanusi OSC selaku Moderator PUKAT Keuskupan Bandung.

**F. Hasiholan Siagian (Bandung)

PANGGILAN PUKAT

 “PUKAT dipanggil menjadi terang dan garam. Mudah-mudahan makin banyak orang yang mengalami kesejahteraan,” demikian pesan Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Antonius Subianto Bunjamin, OSC dalam khotbahnya pada Perayaan Ekaristi Penutupan Konvensi Nasional (Konvenas) Kelompok Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT) di Hotel Hilton Bandung, Jumat sore, 22/2/2019.

Suasana Misa Penutupan Konvensi Nasional PUKAT di Hotel Hilton Bandung, Jumat sore, 22/2/2019

Dalam Misa ini dilantik pula Pengurus Baru PUKAT Nasional. Terpilih secara mufakat dan musyawarah Robert Hadi sebagai Ketua PUKAT Nasional yang baru. Mgr Antonius mengajak PUKAT untuk sungguh-sungguh menjadi pelayan yang hatinya berkobar-kobar mencintai Kristus.

“Kalau sungguh ada passion akan Kristus maka akan ada gairah cinta dan pelayanan kepada sesama,” ujar uskup Bandung yang memimpin Misa didampingi Uskup Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono dan para pastor yang ikut serta dalam Konvenas ini. Selain memilih pengurus baru, Konvenas ketiga ini juga menetapkan Makassar sebagai tuan rumah Konvenas 2022.

Rangkaian Konvenas akan dilanjutkan dengan seminar di tempat yang sama pada Sabtu, 23/2/2019. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) Ignasius Jonan akan hadir sebagai salah satu pembicara.

Dalam kesempatan itu pula, Sekretaris PUKAT Keuskupan Agung Pontianak Christopher Nugroho menyampaikan selamat atas pelaksanaan Konvensi Nasional (Konvenas) ke-3 PUKAT (Profesional dan Usahawan Katolik).

Sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Pimpinan Pusat Pemuda Katolik itu pula, Konvenas ke-3 mengusung tema “Meningkatkan Peran Profesional dan Usahawan Katolik melalui Pengelolaan Organisasi yang Efektif”.

Konvenas ke-3 ini dihadiri oleh pengurus PUKAT dari beberapa Keuskupan yakni Amboina, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta, dan Medan.