Selasa, 21 September 2021

Memaknai Lagu “Pancasila Rumah Kita”

Dalam rangka menyambut hari lahirnya Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, marilah kita kembali merefleksikan dasar dan arah bangsa Indonesia dari lagu “Pancasila Rumah Kita”, ciptaan Franky Sahilatua.

Judul “Pancasila Rumah Kita” mengandung makna, Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia adalah tempat kembali segala pengambilan kebijakan Bangsa Indonesia. Pancasila menjadi salah satu dasar yang menentukan arah perjalanan Bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita seluruh bangsa. Lagu ini mengarahkan masyarakat Indonesia untuk merefleksikan kembali kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang harus dipertahankan untuk melawan perang modern. Wacana pergantian Pancasila bermunculan, hal ini disebabkan masyarakat menganggap nilai Pancasila tidak relevan lagi dijadikan sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia. Pertanyaan pun muncul, sebenarnya wacana pergantian Pancasila disebabkan oleh nilai Pancasila yang tidak relevan di masa kini, atau rakyat Indonesia tidak mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila?

Lagu “Pancasila Rumah Kita” memiliki fungsi sebagai media hiburan. Akan tetapi, syair yang digunakan dalam lagu tersebut dapat memberikan fungsi sosial baru, yaitu fungsi sebagai media pembelajaran. Melalui lagu “Pancasila Rumah Kita”, pendengar dapat mengetahui kedudukan dan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, lagu “Pancasila Rumah Kita” juga menekankan tujuan Bangsa Indonesia untuk mencapai keadilan sosial dengan penerapan asas sama dapat sama rasa. Lagu tersebut mengandung syair yang mudah dipahami dan dinikmati sewaktu-waktu. Dengan mendengarkan atau melantunkan syair “Pancasila Rumah Kita”, rasa nasionalisme dalam jiwa Bangsa Indonesia akan tumbuh.

Leave a Reply