Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Jumat, 3 September 2021)

Bacaan: 1 Tesalonika 5:18
“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Renungan:
Seorang kakek mengalami gangguan saluran kencing yang membuatnya tidak bisa buang air kecil. Ketika penyakitnya makin parah, pada akhirnya ia terpaksa menjalani operasi. Operasi sukses dan si kakek kini sudah bisa buang air kecil lagi. Menjelang pulang dari rumah sakit, dokterpun memberikan tagihan biaya operasinya. Saat itu tiba-tiba sang kakek mulai menangis. Dokter pun bingung dan bertanya, “Kenapa menangis, Kek? Jika biayanya terlalu mahal, kita bisa coba minta keringanan lagi.” Kakek pun menjawab, “Tidak, saya menangis bukan karena biaya. Saya hanya teringat betapa selama 75 tahun sebelum ini, Tuhan memperbolehkan saya buang air kecil tanpa mengirimkan saya tagihan apapun. Saya baru merasakan betapa berharganya pemberian Tuhan itu saat saya sudah kehilangan hal tersebut. Saya memilih untuk lebih sering memikirkan apa yang tidak saya miliki tanpa menghargai apa yang telah Tuhan berikan kepada saya, sehingga akibatnya hidup saya dipenuhi dengan ketidakpuasan dan kejengkelan.”
Sebagai manusia kita lebih suka untuk menghitung masalah daripada menghitung berkat dan anugerah Tuhan yang sudah kita terima. Kita baru merasakan kebesaran dan kebaikan Tuhan ketika kita menghadapi kendala atau masalah. Ternyata apa yang tampak sepele, apa yang biasanya bisa kita lakukan dengan gratis, seperti bernafas, melihat, buang gas, buang air kecil atau besar, baru akan tampak sebagai anugerah Tuhan yang besar apabila kita tidak bisa melakukannya lagi, sehingga kita memerlukan biaya yang cukup besar untuk mengobatinya.
Kalau kita renungkan, ada begitu banyak hal berharga yang kita dapatkan secara gratis setiap harinya yaitu kesehatan, keluarga, waktu, nafas, kegembiraan dan terutama keselamatan yang kita terima dari Tuhan Yesus Kristus. Semua itu adalah hal-hal yang sesungguhnya tidak bisa kita beli dengan uang. Itulah alasan mengapa kita harus selalu bersyukur dalam segala hal. Kita bersyukur bukan pertama-tama supaya kita diberkati, melainkan karena kita sudah sangat-sangat diberkati oleh Tuhan. Bayangkan jika setiap tarikan nafas kita harus dibayar, berapa banyak hutang kita kepada Tuhan? Oleh karena itu mari kita renungkan firman Tuhan hari ini untuk selalu bersyukur dalam segala hal, karena di dalam hal-hal yang tampaknya kecil untuk disyukuri ternyata terdapat anugerah Tuhan yang besar. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, terima kasih untuk keadaan diriku saat ini. Aku percaya semua yang terjadi dan yang Kau berikan untukku adalah hal terbaik dan terindah untukku. Amin. (Dod).