Rabu, 27 Oktober 2021

Kencan Dengan Tuhan (Minggu, 26 September 2021)

Bacaan: 2 Raja-raja 6:17 Lalu berdoalah Elisa: “Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat.” Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

Renungan:
Ada kata-kata bijak yang berbunyi, “Semua manusia hidup di bawah kolong langit yang sama. Tetapi tidak semua orang memiliki cakrawala yang sama.” Semua manusia di belahan bumi manapun memiliki langit yang sama, tetapi cakrawalanya pasti berbeda. Misalkan kita yang berada di Pulau Jawa pada bulan Agustus cerah berawan, tetapi yang berada di Sulawesi mendung dan gelap karena musim hujan. Langitnya sama tetapi cakrawala dan cuacanya berbeda.
Dari gambaran di atas kita mendapatkan hikmat bahwa semua manusia itu hidup di dunia yang sama, tetapi terkadang kita mengalami keadaan yang berbeda. Panas kita butuhkan, hujan pun kita butuhkan. Tertawa itu perlu tetapi air mata itu juga berguna. Karena itu jika hari ini kita sedang mengalami kesuksesan, ingatlah bahwa suatu saat Tuhan izinkan kita mengalami tantangan dan masalah. Sebaliknya jika saat ini kita sedang tertekan karena masalah, maka ingatlah bahwa tidak selamanya kita akan terus menangis. Suatu saat kelak kita pasti akan tertawa bahagia.
Jangan pernah menyesali dan meratapi kehidupan ini. Sikap hati dan cara pandang yang benar akan membantu kita untuk dapat selalu mensyukuri cakrawala dan keadaan kita. Belajarlah melihat hal yang buruk dengan cara pandang Tuhan, maka secara mengejutkan kita akan melihat hal-hal yang positif. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk memandang setiap masalah yang ku hadapi dengan cara pandang-Mu, sehingga aku dapat menjalani hidup ini dengan penuh ucapan syukur, karena cara pandang-Mu selalu membawa kebaikan bagi diriku. Amin. (Dod).