Selasa, 21 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Rabu, 25 Agustus 2021)

Bacaan: Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Renungan:
Suatu hari seorang nyonya yang tinggal di sebuah kota melihat ke arah luar jendelanya. Ia melihat sebuah truk besar mendekati rumahnya. Setelah truk berhenti, dari dalam truk itu berlompatan beberapa pemuda dan mereka mulai menurunkan gitar-gitar listrik, pengeras suara dan drum. Mereka memindahkan semua itu ke sebuah rumah di dekat situ. Wanita itu begitu marah. Sekarang waktu istirahat malam dan telinganya serta kehidupannya akan terganggu oleh kegaduhan yang akan muncul dari rumah itu. Ketika suaminya pulang kerja, ia pun berteriak, “Kita harus segera pindah dari sini. Jika tidak, kita akan segera tuli dan menjadi gila karena adanya sekelompok pemusik di sebelah rumah kita.”
Tetapi suaminya menenangkannya dan berkata, “Sayang, mengapa kamu marah? Tidak tahukan kamu siapa mereka itu? Mereka adalah sekelompok pemusik terkenal di negara kita. Mereka telah berkeliling dunia untuk pentas di hadapan banyak penggemar mereka. Kita seharusnya senang mereka akan pentas beberapa waktu di sini, karena kita bisa menikmati alunan musik mereka yang terkenal itu secara gratis.” Raut cemberut di wajah istrinya itu kini berubah menjadi senyuman. Dia segera menelepon teman-temannya untuk datang ke rumahnya menyaksikan penampilan kelompok musik tersebut.
Mungkin pernah terjadi dalam hidup kita, saat situasi tidak berubah dan keadaan juga tetap tidak berubah, namun ketika sikap hati dan pemikiran kita berubah, hal itu telah mampu mengubah apa yang tadinya suatu malapetaka menjadi sebuah keberuntungan. Jadi bila suatu ketika kita merasa keadaan seolah sangatlah buruk dan kita tidak kuasa untuk mengubah keadaan itu dalam sekejab, maka ubahlah sikap dan pemikiran kita terlebih dahulu, bukan tidak mungkin bila sesuatu keadaan buruk akan berubah menjadi keberuntungan bagi kita. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, bukalah pikiranku agar aku tidak hanya terfokus pada masalah tetapi terbuka juga untuk melihat adanya kebaikan di balik masalah yang aku hadapi saat ini. Amin. (Dod).