Selasa, 21 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Sabtu, 10 Juli 2021)

Bacaan: Mazmur 116:7 “Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu.”

Renungan:
Bruce Larson menuliskan pengalaman imannya ketika ia hampir tenggelam di Teluk Mexico, “Beberapa tahun yang lalu saya hampir tenggelam akibat badai di laut di Teluk Mexico ketika saya mendapati diri saya berenang jauh dari pantai, berusaha mencari perahu saya yang terhanyut. Saya terjebak dalam keadaan sulit itu karena kebodohan saya sendiri, sesuatu yang sama sekali tidak biasanya terjadi. Saya masih ingat mengatakan, ‘Yah, inilah saatku.’ Ombak setinggi tujuh atau delapan kaki, dan langit gelap dengan angin kencang dan kilat menyambar-nyambar. Saya sedang terhanyut di laut, saat firman Tuhan datang pada saya dan menyelamatkan saya. Yang saya rasa Tuhan katakan adalah, ‘Aku di sini, Larson. Engkau tidak akan pulang secepat yang engkau kira. Bisakah engkau menjejak-jejakkan kaki di air?’ Entah bagaimana itu tidak pernah terpikirkan oleh saya, karena sebelumnya saya hanya berusaha berenang dengan kalap. Seandainya saya terus saja dengan kalap berusaha berenang kembali ke pantai, tenaga saya pasti terkuras dan tenggelamlah saya. Dalam segala macam keadaan, kita dapat membuat masalah menjadi lebih buruk dengan upaya-upaya kalap kita untuk menyelamatkan diri kita sendiri, padahal Tuhan sedang berusaha mengatakan kepada kita, ‘Tenanglah.’ Seringkali, bukannya tenang, kita membuat diri kita berada dalam keadaan berbahaya dan semakin kita berusaha justru semakin buruk jadinya.”
Apakah saat ini kita sedang berusaha menyelesaikan berbagai persoalan dan tantangan kehidupan yang kita hadapi dengan ketakutan dan kecemasan sehingga kita mulai menjadi kalap? Kalau kita merasa seolah tidak ada lagi jalan keluar, mungkin inilah saatnya yang paling tepat bagi kita untuk berhenti sejenak dari upaya menggebu-gebu kita dalam mencari penyelesaian atau jawaban dengan cara kita sendiri. Berilah Tuhan Yesus waktu untuk melakukan karya-Nya dan untuk menyampaikan hikmat-Nya kepada kita. Tetap tenanglah, karena Dia tetap Tuhan yang memegang kendali secara penuh atas seluruh aspek kehidupan kita. Karena Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik kepada mereka yang menyerahkan pilihannya kepada-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, terima kasih atas sabda-Mu, “Tenanglah, Aku ini jangan takut.” Melalui sabda-Mu itu aku semakin dikuatkan saat menghadapi badai kehidupan ini, karena aku tahu bahwa Engkau selalu ada untukku dan tidak akan pernah membiarkan aku berjalan sendirian. Amin. (Dod).