Rabu, 27 Oktober 2021

Kencan Dengan Tuhan (Sabtu, 18 September 2021)

Bacaan: Mazmur 42:1 “Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.”

Renungan:
Suatu kali dilangsungkan pesta di sebuah rumah besar di Inggris. Sesuai kebiasaan, hiburan sesudah makan malam diisi dengan berbagai pembacaan deklamasi dan lagu oleh para tamu. Seorang aktor terkenal hadir saat itu, dan sewaktu tiba gilirannya untuk tampil, ia mendeklamasikan Mazmur 23. Ia mendeklamasikan Mazmur yang sudah dikenal akrab itu dengan luar biasa dan menerima banyak pujian. Di rumah tersebut juga ada nenek dari yang punya rumah. Ia bertubuh kecil dan sedang duduk di sudut ruangan. Dia hampir tuli sehingga tidak bisa mengikuti sebagian besar dari acara hiburan malam itu. Para tamu mendesak sang nyonya rumah supaya sang nenek juga ikut mendeklamasikan sesuatu. Karena kebanyakan orang pada saat itu menghafal banyak puisi, sang nyonya rumah yakin bahwa neneknya akan mendeklamasikan sebuah puisi. Betapa terkejutnya semua orang, ketika si nenek berdiri, suaranya gemetar dan mendeklamasikan Mazmur 23. Ketika sang nenek selesai, hampir semua orang menitikkan air mata termasuk si aktor terkenal. Salah seorang tamu mendekati si aktor dan berkata, “Anda mendeklamasikan Mazmur 23 itu dengan luar biasa tiada duanya. Tetapi mengapa kita tadi begitu terharu oleh wanita tua kecil itu?” Si aktor menjawab, “Aku mengenal Mazmur 23 itu, tapi si nenek itu mengenal dekat sang Gembala.”
Apakah kita ingin mengalami kuasa dari setiap kata-kata atau tindakan kita? Kalau kita merindukan hal itu, maka kita bukan hanya membaca dan mengenal firman Tuhan, namun lebih dari itu kita harus mengenal sang Gembala kita, Yesus Kristus, dan hidup bergaul erat dengannya dalam persekutuan pribadi dengan-Nya. Ketika kita meluangkan waktu untuk lebih dekat dengan-Nya maka Dia akan mencurahkan kuasa-Nya kepada kita. Oleh karena itu, jangan hanya puas kalau sudah mengetahui dan membaca firman Tuhan, tetapi mulai hari ini luangkan waktu lebih banyak lagi untuk mulai membina hubungan yang erat dalam doa pribadi sehingga kita bisa merasakan kedekatan dengan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, buka hatiku agar aku mau hidup dekat dengan-Mu, sehingga kuasa-Mu mengalir penuh dalam diriku untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Amin. (Dod).