Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Sabtu, 21 Agustus 2021)

Bacaan: Mazmur 118:17 “Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.”

Renungan:
Mary adalah seorang janda yang sangat miskin. Ia harus terus tinggal sendiri di rumah karena penyakit yang dideritanya di hari tuanya. Namun, seperti sang pemazmur, ia selalu belajar untuk memuji Allah di tengah kesulitan hidupnya. Selama bertahun-tahun ia telah belajar untuk menikmati setiap kebaikan Allah dalam hidupnya dengan penuh ucapan syukur. Kadang-kadang Pastor mengunjunginya di rumah. Namun karena penyakit yang ia derita membuatnya memerlukan waktu lama untuk berjalan membukakan pintu, sang Pastor akan menelepon dan memberitahu bahwa ia sedang dalam perjalanan dan jam berapa ia akan sampai di sana. Mary akan berjalan perlahan-lahan ke pintu dan sampai di sana tepat sebelum Pastor datang. Setelah Pastor datang, Mary selalu menyambut sang Pastor dengan berkata, “Allah itu baik.”
Orang-orang yang paling sering menceritakan tentang kebaikan Tuhan biasanya adalah orang yang paling banyak menghadapi berbagai cobaan dalam hidupnya. Kenapa demikian? Karena mereka merasa bahwa dirinya tidak dapat menghadapinya seorang diri. Mereka hanya dapat mengandalkan kebaikan Tuhan. Hal ini seperti yang dialami oleh Daud. Daud adalah seorang yang mengalami berbagai macam cobaan dalam hidupnya. Namun apa yang dilakukan Daud tidak jauh berbeda dengan Mary. Daud tetap memuji kebaikan Tuhan. Daud tetap bersyukur bahkan ketika keadaan sama sekali tidak menyenangkan baginya. Namun Daud yakin bahwa dirinya tidak akan mati, namun dia akan tetap hidup untuk menceritakan karya-karya Tuhan dalam hidupnya.
Ucapan syukur ternyata mendatangkan kekuatan tersendiri bagi Daud dan Mary. Orang mungkin mudah mengucap syukur dalam keadaan senang. Namun dalam keadaan susah, apakah dia masih bisa mengucap syukur? Marilah kita belajar mengucap syukur dalam segala hal. Jangan biarkan mata kita selalu tertuju pada penderitaan yang kita alami. Namun arahkanlah hati dan pikiran kita pada sesuatu yang baik yang dapat kita ambil dari semua penderitaan yang kita alami. Mengucap syukur akan membuat kita lebih tegar dan optimis dalam menjalani hidup ini. Bersyukur akan membuat kita segera mengalami berkat Tuhan yang tersembunyi di balik setiap masalah yang kita hadapi. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk senantiasa mengucap syukur atas setiap permasalahan yang kuhadapi. Aku percaya ada berkat dibalik ucapan syukurku. Amin. (Dod).