Rabu, 22 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Selasa, 7 September 2021)

Bacaan: Mazmur 46:2 “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.”

Renungan:
Saat menghadapi babak final bulutangkis ganda di Olimpiade Sidney 2000, pasangan ganda pria bulutangkis Indonesia, Chandra dan Tony merasa sangat tegang karena menjadi tumpuan harapan dari seluruh rakyat Indonesia untuk mendapatkan medali emas. Dalam keadaan seperti itu, mereka menghubungi Andre Wongso, motivator mereka. Mereka kemudian disarankan untuk membuka kran air dan berteriak keras-keras, “Aku juara!” Mereka pun mempraktikkan nasihat itu. Mereka membuka kran air di kamar mandi hotel dan berteriak sekeras-kerasnya, “Aku juara!” Teriakan itu membantu mereka melepaskan segala beban yang menindih mereka. Kegelisahan dan kecemasan mereka juga hilang, sehingga pada saat pertandingan, mereka bisa bermain dengan tenang dan tanpa beban. Akhirnya mereka mendapat medali emas dalam Olimpiade tersebut.
Kita mungkin juga pernah menghadapi kesulitan dan ketegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mungkin kita terjepit dalam masalah keuangan, sakit penyakit atau problem rumah tangga yang berat. Pada saat seperti itu, kita sering tidak tahu harus mencari pertolongan ke mana atau menghubungi siapa. Tetapi Tuhan berfirman, “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan. Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan aku.” (Mzm 50:15). Tuhan selalu siap menjadi motivator, konselor dan penolong kita. Sebagai penolong dalam kesesakan, Allah tidak pernah mengecewakan dan sungguh sangat terbukti.
Jadi, jangan menjalani kehidupan ini seorang diri, namun jadikanlah Tuhan sebagai motivator, konselor dan penolong kita, karena Dialah Tuhan yang hidup, yang mengetahui setiap tantangan yang sedang kita hadapi dan selalu siap untuk menolong kita. Kalau motivator di dunia ini saja dapat memberikan semangat kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan, terlebih lagi Tuhan kita. Dialah tempat perlindungan dan kekuatan, sekaligus sebagai penolong dalam setiap kesesakan kita. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, kini aku tahu bahwa Engkaulah satu-satunya penolong yang senantiasa ada untukku. Lepaskan kekhawatiran dan kecemasanku saat ini karena masalah yang sedang kuhadapi saat ini, karena aku percaya, bersama dengan Engkau selalu ada jalan keluar. Yesus, Engkaulah andalanku. Amin. (Dod).