Selasa, 21 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Senin, 2 Agustus 2021)

Bacaan: Ibrani 4:15 “Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.”

Renungan:
Rick Warren mengatakan bahwa Tuhan melihat semua yang kita lakukan, Ia seperti seorang Bapa yang selalu mengamati kegiatan anaknya. Tuhan tidak hanya melihat dan menikmati penyembahan kita ketika kita duduk di bangku gereja, tetapi Ia juga memandang kita dengan senang hati ketika kita sedang bekerja, bermain ataupun melakukan hobi kita. Singkatnya, kita tidak pernah lepas dari pandangan mata-Nya. Mata yang penuh belas kasihan, kemurahan dan rahmat.
Ada seseorang yang menggambarkan penyertaan Tuhan dalam berbagai situasi di hidup kita, yaitu:
“Ketika engkau merasa lelah dan patah semangat karena usaha dan kerja kerasmu sepertinya tidak menghasilkan buah, Tuhan tahu bahwa engkau sudah berusaha keras. Ketika engkau menangis sekian lama dan hatimu hancur karena kesedihan, Tuhan menghitung setiap tetes air matamu. Ketika engkau merasakan hidupmu terkatung-katung dan engkau terus menanti dalam waktu yang panjang tanpa ada kepastian, Tuhan menanti bersamamu. Ketika engkau sendirian dan teman-temanmu begitu sibuk sehingga menelepon pun mereka tidak sempat, Tuhan ada di sisimu. Ketika engkau berpikir bahwa engkau sudah mencoba segala sesuatu namun engkau selalu menemukan jalan buntu, Tuhan setia mendampingimu mencari jalan keluar. Ketika banyak hal yang tidak masuk akal dan engkau ragu serta frustasi karena semuanya itu, Tuhan mempunyai jawabannya. Ketika matamu bercahaya karena melihat adanya harapan yang menjanjikan, saat itu Tuhan sedang berbisik kepadamu. Ketika segala sesuatu baik adanya dan banyak hal yang membuatmu berterima kasih, itu bukti bahwa Tuhan telah menopangmu. Ketika sesuatu yang menyukakan hati terjadi dan engkau dipenuhi dengan rasa takjub, saat itu Tuhan sedang tersenyum padamu. Ketika engkau memiliki tujuan untuk dicapai dan impian untuk diwujudkan, Tuhan sedang membuka matamu dan memberimu inspirasi.”
Ingatlah selalu bahwa di manapun kita berada dan apapun yang kita hadapi, Tuhan mengetahui semuanya. Jangan pernah merasa sendiri atau berkecil hati, karena Tuhan tahu semua yang kita alami. Dia tidak hanya mengetahui, tetapi Ia juga menyediakan jalan keluar dan jawaban untuk setiap pergumulan dan keluh kesah kita. Cari dan hampiri Dia dalam segala keadaan, maka kita akan merasakan sentuhan kasih-Nya yang berkuasa memulihkan keadaan kita, menghapus air mata kita dan menjadikan segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin bagi kita. Bersyukurlah selalu atas kehadiran-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, aku bersyukur karena Engkau selalu ada bersamaku dan Engkau mengerti semua yang kurasakan. Kuatkanlah aku dalam segala keadaan. Amin. (Dod).