Kamis, 23 September 2021

Kencan Dengan Tuhan (Minggu, 15 Agustus 2021)

Bacaan: Amsal 10:32 “Bibir orang benar tahu akan hal yang menyenangkan, tetapi mulut orang fasik hanya tahu tipu muslihat.”

Renungan:
Edward Kramer dari St. Louis, Missouri, mengajarkan sebuah prinsip sederhana tetapi bernilai tinggi kepada ketiga anaknya. Prinsip itu mengajarkan agar anak-anaknya setiap hari mencari kebaikan dari 3 orang yang mereka kenal dan yang dapat mereka berikan ucapan terima kasih. Orang tersebut mungkin saja guru, tukang kebun, polisi, pelayan di rumah atau siapa saja yang membuat anak-anak itu bersyukur akan kehadiran orang-orang tersebut di dalam hidupnya. Kemudian ia mendorong anak-anaknya agar menulis surat thank-you untuk mengekspresikan rasa terima kasih mereka kepada orang-orang tersebut. Walaupun awalnya sangat sulit untuk mendisiplinkan anak-anaknya melakukan hal itu, tetapi lama kelamaan mereka menjadi terbiasa dan mereka sungguh terkejut karena surat balasan yang mereka terima begitu hangat dan menyenangkan. Dengan prinsip ini Edward berhasil membuat perubahan sikap bagi banyak orang, karena pada akhirnya mereka tahu apa yang paling dibutuhkan manusia, yaitu apresiasi.
Ada begitu banyak orang di dunia ini yang haus akan kata-kata ataupun penghargaan yang tulus. Setiap orang butuh dihargai, entah itu dihargai dalam bekerja, mengeluarkan pendapat, ide dan sebagainya. Hari ini, sudahkah kita menghargai dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang yang sudah membantu kita mencapai sukses? Mari mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti mengucapkan terima kasih kepada pembantu rumah tangga yang telah membuat baju kita bersih dan rapi, memberikan penghargaan atau pujian kepada pasangan hidup kita, anak-anak kita, orang tua kita, rekan kerja kita, rekan pelayanan bahkan hingga kepada setiap orang yang kita jumpai, karena setiap orang menyukai pujian dan penghargaan yang jujur dan tulus. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, urapilah perkataanku sehingga aku mampu memberikan kata-kata pujian bagi orang-orang yang terdekat denganku maupun setiap orang yang kutemui, sehingga melalui kata-kata pujianku, Engkau menyalurkan damai sukacita-Mu di hati mereka. Amin. (Dod).


Selamat pagi dan merayakan ibadah suci hari Minggu pesta perayaan Santa Bunda Maria diangkat ke surga secara streaming. Tuhan Yesus Yang Maharahim dan Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dan umat manusia di muka bumi yang berserah padaNya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan DarahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekeluarga dan manusia di seluruh dunia yang berserah padaNya dari pandemi Covid 19 serta memberi kesejahteraan dan kesehatan prima sepanjang tahun 2021. Amen.+BDGY.
Santa Bunda Maria doakanlah kami sekeluarga di tengah masa pandemi yang melanda dunia. Amen.