Rabu, 27 Oktober 2021

Lawan Covid, PMI Jabar Semprot Eco Enzyme

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melepas tim untuk menyemprotkan cairan eco enzyme ke udara bersama Komunitas Eco Enzyme Bandung di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, 22 September 2021.

Penyemprotan eco enzyme diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan. Selain itu, Uu mengapresiasi Komunitas Eco Enzyme Bandung yang turut berkontribusi terhadap pengelolaan sampah, khususnya sampah domestik.

Hal itu karena eco enzyme merupakan cairan hasil fermentasi limbah dapur, seperti kulit buah dan sayur-sayuran, dengan air dan gula.

Perwakilan Komunitas Eco Enzyme Bandung Salvana Gunawan menuturkan, masyarakat diharapkan mampu lebih sabar menangani dan memanfaatkan sampah organik, terutama yang berasal dari rumah tangga.

Menurut Salvana, ada banyak manfaat dari pembuatan eco enzyme. Pertama, memanfaatkan limbah dan mengembalikan mata rantai ekosistem di udara, tanah, air dan tumbuhan yang sudah rusak. “Kita juga memanfaatkan eco enzyme ini untuk P3K, bahkan untuk ketahanan kesehatan keluarga,” ucapnya.

Kegiatan penyemprotan eco enzyme kali ini dilakukan dengan bantuan dua unit damkar dari PMI Provinsi Jawa Barat, satu unit PMI Kota Bandung, satu unit damkar Kota Bandung, satu unit water cannon Polrestabes Bandung, satu unit mobil BPBD Kota Cimahi, satu unit BPBD Kota Bandung, dan satu unit mobil dari TNI.

Bersama Wagub JABAR, Bpk. H. Uu Rushanul Ulum, dimana Profesional & Usahawan Katolik Nasional disebut dalam sambutan Panitia Pelaksana Peringatan PMI ke-76 di halaman Gedung Sate Bandung.
Leave a Reply