Selasa, 21 September 2021

Inspirasi Mentor #6

TENTANG DELEGASI

Hampir semua fungsi dalam usaha kecil dan menengah, dengan pengecualian fungsi tradisional tertentu yang cenderung hampir identik untuk semua perusahaan (misalnya akuntansi, gudang, penjualan dll.)

Dapat dianggap sebagai semacam “teka-teki“:
Supaya bisnis bertumbuh, pemilik harus menghadapi dan “memecahkan kode” teka-teki ini.

Artinya, Anda harus menemukan solusi untuk teka-teki tersebut, metode menjalankan semua fungsi, yang memungkinkan Anda membawa hasil yang baik bagi perusahaan.

Misalnya, Anda harus dapat menjual produk atau layanan perusahaan Anda, yang tidak hanya terbatas pada negosiasi penjualan, tetapi juga mencakup penyelesaian banyak masalah-masalah kecil:

  • Di mana saya dapat menemukan pelanggan potensial untuk bisnis saya?
  • Bagaimana cara menghubungi mereka?
  • Bagaimana cara membagikan dan menyampaikan nilai produk atau layanan saya?
  • Bagaimana cara mengatasi keberatan yang dibuat oleh pelanggan atau calon pelanggan?
  • Bagaimana saya bisa yakin bahwa mereka akan membayar saya?

Umumnya pengusaha UKM secara pribadi menangani masalah-masalah semacam ini dan, setelah diselesaikan, mendelegasikannya sehingga untuk selanjutnya ada orang lain akan menangani fungsi tersebut.

Dengan berani mendelegasikan fungsi fungsi tersebut, Anda dapat fokus dan konsentrasi pada pengelolaan “teka-teki” kompleks lainnya yang, setelah dipecahkan, selanjutnya akan menumbuhkan perusahaan ke level berikutnya, misalnya :
“Bagaimana saya membangun jaringan penjualan di seluruh wilayah nasional?”;
“Bagaimana saya memproduksi dengan biaya lebih rendah untuk tetap kompetitif dan menghasilkan lebih banyak?”,
“Bagaimana cara mengembangkan sistem waralaba?”
dan seterusnya

Ada pilihan lain, yaitu menemukan orang lain, seorang mentor, atau spesialis yang dapat membantu memecahkan masalah ini untuk kita.

Opsi kedua ini biasanya mengharuskan UKM mempekerjakan seseorang dengan nilai tertentu yang dapat memberikan pengetahuan tertentu yang saat ini hilang dari perusahaan.

Jadi opsi ini sedikit lebih mahal dan juga membutuhkan keterampilan untuk mengenali produktivitas sebenarnya dari seorang kandidat selama wawancara, menghindari kesalahan yang mahal karena membayar banyak uang kepada seseorang yang ternyata hanyalah “penolakan” dari perusahaan yang lebih besar.

Ke mana pun Anda memutuskan untuk pergi (secara pribadi menangani masalah sendiri, atau menemukan orang lain untuk menanganinya)
Anda sebagai pemilik bisnis harus bertujuan untuk memecahkan dan kemudian mendelegasikan setiap “teka-teki” sehingga Anda sendiri dapat melanjutkan untuk memecahkan masalah berikutnya, dan dengan demikian dapat membuat perusahaan tumbuh atau menjadi lebih menguntungkan.

Jika ditinjau dari sudut pandang ini, kita dapat melihat wirausahawan sebagai seseorang yang mengambil masalah yang sulit dan memecahkannya, mengembangkan teknologi atau teknik yang membuatnya dapat dipecahkan oleh orang lain dari kualitas sedang hingga rendah.

Kekuatan sebenarnya dari Mc Donald adalah kenyataan bahwa ia tidak memerlukan koki ahli untuk memasak di restorannya: setelah seminggu pelatihan, bahkan seorang mahasiswa yang belum pernah ke dapur sebelumnya dapat membuat burger berkualitas baik.

Demikian pula, kemampuan perusahaan lain telah membuat penjualan produk dan layanan mereka begitu sederhana sehingga bahkan seorang penjual pemula pun dapat menjual dengan untung.

Demikian halnya dengan perusahaan Anda?
Jika hanya Superman yang bisa mendapatkan hasil di perusahaan Anda, maka Anda tahu bahwa pekerjaan sebagai wirausahawan belum selesai:

Memang, Anda masih harus mengembangkan teknologi yang memungkinkan bahkan orang biasa untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan hebat di perusahaan Anda

Bandung, 16 Mei 2021
Ferry Jusuf
Sangmentor

Leave a Reply