Senin, 26 September 2022

Pengalaman Rohani di PUKAT

PRAKATA

PUKAT atau organisasi Profesional dan Usahawan Katolik, saya ikuti karena ada seorang anggota PUKAT Keuskupan Agung Jakarta (PUKAT KAJ) yang keliru menelpon saya, diajak untuk rapat kegiatan. Ternyata saya bukan orang yang akan diundang rapat. Untunglah saya tidak disuruh pulang dan saya diterima hingga saat ini.
Sejak itu saya mengikuti kegiatan PUKAT KAJ sampai saat ini. Beberapa hal berikut ini mungkin dapat bermanfaat bagi saudara-saudara Profesional dan Usahawan Katolik (PUKat) yang membaca tulisan ini.
Tentu semua di Bible Kitab Suci yang lengkap dengan Deuterokanonika berlaku untuk kita PUKat.

Yang sangat mendasar bagi saya di PUKAT;

Doa Bapa Kami setiap kalimatnya mendasari ke-PUKAT-an saya.
Karena ingin ikut mewujudkan Kerajaan Allah di atas bumi tempat kita hidup ini. Mencari rejeki setiap hari dan adakalanya sebagai Usahawan atau Profesional ada saja salah atau khilaf yang di“paksa” keadaan dunia bisnis. Itu salah sebabnya, PUKAT dapat jadi MITRA GEREJA karena banyak bisanya. Ini arguable tapi, sebaiknya masing-masing jaga saja agar sesedikit mungkin berbuat khilaf apalagi dosa. Kemudian minta diampuni dan berbuat lagi, jangan begitu.
Tentu juga Doa Aku Percaya atau Sjahadat Para Rasul juga mendasar. Doa Rosario, selengkapnya, seyogyanya selalu menjadi doa yang dekat dengan PUKat.

Lukas 16; dari ayat 1-9; tentang Bendahara yang tidak jujur, tapi dipuji Tuannya? Ini paradox. Saya pernah mendengar cerita Tiongkok kuno yang mirip perumpamaan ini. Ceritanya sang Bendahara yang biasa melakukan perjalanan untuk mengumpulkan pajak dan pembayaran hutang, selalu diminta membawa hadiah atau buah tangan yang terbagus, dari setiap daerah. Sekali ini, saat kembali si Bendahara tdk membawa apa-apa, tetapi hadiahnya harus diterima sendiri oleh sang Raja, dengan mengunjungi daerah yang baru saja dikunjungi oleh si Bendahara. Sesampai disana Sang Raja, disambut gegap gempita. Diadakan pesta dan didoakan panjang umur. Pokoknya apa saja yang diinginkan Sang Raja dipenuhi masyarakat di sana. Apa yang sebenarnya terjadi? Bendahara sebelumnya telah mengurangi hutang masyarakat disana, dengan mengatakan Sang Tuannya, sangat baik hati, bijaksana dan memberi mereka keringanan hutang. Saat orang menyatakan Terimakasih, Bendahara minta agar berterimakasih pada Tuannya.
Kegembiraan Sang Raja, tak dapat dibayar dengan uang. Apa sang Bendahara itu bijaksana? Lain ceritanya ya. Tapi coba kita renungkan, sebagai seorang Profesional dan Usahawan, adakalanya tidak jujur, tapi dipuji Tuannya. Tentu jangan sampai kita melanggar ke 10 Perintah Allah, yang akibatnya bisa lebih dari fatal.
Baca seluruh Lukas 16, melengkapi nasehat bagi para Profesional dan Usahawan (PUKat).

Duc In Altum; Artinya bertolaklah ke tempat yang dalam. Setiap kali ada kesempatan, atau juga saat ada kesulitan, jadi ingat apa kata-kata ini. Logo PUKAT selain terkait dengan Jala Ikan, juga semua kisah mengenai perahu dan Duc In Altum.
Sebagai seorang PUKat, ada kalanya harus ber-vivere pericoloso, berani menyerempet bahaya, berani ambil resiko dan memang semakin tinggi resikonya, semakin tinggi juga hasilnya. Perhitungkan semua resiko dan lakukan hal-hal yang dapat mengatasinya. Ini dikenal dengan Calculated Risk. Jadi PUKat tidak kerja setengah hati, atau hanya di-comfort zone dan seterus dan seterusnya ….

Masih Banyak Lagi

Cerdik Seperti Ular, Tulus seperti Merpati
Ini dari Injil Matius 10:16, lengkapnya, “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, dan  sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.”
Bayangkan betapa sulitnya si Domba berada di tengah Serigala, tapi akan survive kalau cerdik seperti ular tapi tulus seperti merpati. Apa ini perumpamaan yang Paradox lagi? Yang Out Of The Box? Tepat untuk diterapkan dalam PUKAT.

Aggiornamento lihat di https://vatican2voice.org/3butlerwrites/aggiorna.htm
Saya suka lupa cara menyebutkan kata-kata bahasa Italy ini, yang artinya “Make it Up To Date” atau mungkin singkatnya Pemutakhiran. Jadi yang kuno-kuno harus diperbarui. Artinya harus ikuti paradigma baru yang berubah karena perubahan jaman. PUKAT KAJ pernah berrekoleksi dan ini temanya. Keuskupan Bandung, Fokus Pastoral 2019-2025, bahas tentang Aggiornamento https://www.keuskupanbandung.org/blog/post/makna-logo-fokus-pastoral-2019-2025
Aggiornamento, juga sangat pas dan cocok bagi PUKat.
Tentu anda juga perlu melakukan AGGIORNAMENTO, dalam kehidupan anda.

Shalom, Gregorius Hidayat Tjokrodjojo

Jakarta, 28-01-2022
ghidayat@gmail.com