Kamis, 27 Januari 2022

Kencan Dengan Tuhan (Minggu, 12 Desember 2021)

Bacaan: Amsal 3:3
“Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu.”

Renungan:
Suatu ketika ada seorang ibu yang bercerita bahwa di awal-awal pernikahannya dia berdoa pada Tuhan supaya diberikan keturunan. Tetapi seolah-olah Tuhan tidak mendengarkan doanya. Walau begitu dia tidak putus asa. Dia tetap setia datang kepada Tuhan. Akhirnya di tahun kelima Tuhan menjawab doanya. Dia mengandung dan melahirkan seorang anak perempuan. Kemudian lahirlah anak kedua, ketiga, kempat dan kelima. Ibu itu menyadari bahwa Tuhan melihat kesetiaannya dalam menungga jawaban doa dari Tuhan, maka Tuhan memberikan lebih dari yang dia minta.
Tuhan tidak selamanya mengabulkan permohonan kita dengan mudah. Salah satu alasannya adalah mungkin jika Ia mengabulkannya dengan cepat, maka kita akan segera meninggalkanNya. Kesenangan atau jalan hidup yang tidak dihiasi oleh kesulitan, memang sering membuat manusia lupa akan penciptanya. Rasa butuh akan Allah semakin terkikis pada saat segala sesuatu berjalan dengan lancar, tetapi kesulitan hidup membuat kita menyadari ketidakberdayaan kita sebagai manusia, sehingga kita akan mencari Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Namun sangat tidak adil rasanya jika kita hanya mencariNya pada waktu kita menghadapi kesulitan atau hanya di saat-saat kita membutuhkan pertolonganNya. Lalu ketika Allah sudah melepaskan kita dari pergumulan hidup yang kita hadapi, maka kitapun tidak lagi setia kepadaNya.
Marilah kita belajar setia padaNya. Susah maupun senang, kita harus terus memelihara persekutuan dengan-Nya. Kesetiaan kepada Allah jangan pernah dipengaruhi oleh keadaan apapun juga. Cari dan dekatkan diri kepadaNya pada waktu kesulitan menghimpit hidup kita, dan tetaplah mencari Dia pada saat Ia sudah melepaskan kita dari kesulitan itu. Tuhan Yesus memberkati.

Doa:
Tuhan Yesus, dalam susah dan senang hidupku ajarilah aku untuk tetap setia mencari dan percaya pada-Mu. Jangan biarkan kenikmatan duniawi dan kebebasannya membuat aku memalingkan diri daripada-Mu. Amin. (Dod)
Selamat merayakan ibadah suci Minggu Advent 3. Tuhan Yesus Yang Maharahim dn Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dan umat manusia di muka bumi yang berserah pada-Nya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan darahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekeluarga dan manusia di seluruh dunia yang berserah pada-Nya dari pandemi Covid-19 serta memberi kesejahteraan dan kesehatan prima sepanjang tahun 2021. Amen. +BDGY.