Senin, 26 September 2022

PUKAT Sintang Targetkan Miliki Yayasan Funeral di Melawi Tahun 2023

Pengurus PUKAT (Profesional dan Usahawan Katolik) Keuskupan Sintang resmi dilantik pada sabtu (15/1/2022) bertempat di Oratorium Wisma Keuskupan Sintang. Estafet kepemimpinan pengurus PUKAT Sintang hingga tahun 2024 akan dikomandoi oleh Yoseph Fery Chin, SH yang merupakan pengusaha dan anggota DPRD Kabupaten Melawi.

PUKAT Sintang, sesuai dengan wilayah Keuskupan Sintang berada di 3 Kabupaten yakni di Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu. Ketua PUKAT Sintang, Yoseph Fery Chin yang akrab disapa Afat mengatakan target terdekat dikepengurusannya ini adalah mengusahakan ketersediaan lokasi pemakaman (funeral) untuk umat Katolik di Kabupaten Melawi.

“Kami sudah sepakat kami akan melakukan rapat di Pandan, karena Pastor moderatornya adalah Pastor Amir (yang bertugas di Paroki Keluarga Kudus Pandan), kami akan berkumpul yang dari Sintang, dari Kapuas Hulu dan dari Melawi setelah kami melakukan konferensi nasional ke empat di Makassar awal bulan maret 2022 ini. Setelah pulang nanti kami akan menyusun program kerja, salah satu yang sudah kami sepakati adalah kami ingin memilki Yayasan Funeral,” ujar Afat.

Umat Katolik di Kabupaten Melawi memang hingga saat ini tidak memilki lokasi khusus untuk pemakaman, maka pengurus PUKAT Sintang ingin agar umat katolik di Kabupaten Melawi segera bisa memiliki Yayasan Funeral, yang nanti akan memiliki lahan pemakaman serta rumah duka. Ia memasang target hal tersebut bisa terwujud pada tahun 2023.

Sementara itu, turut hadir dalam pelantikan pengurus PUKAT Sintang ini salah seorang pengurus PUKAT Nasional, Julius Yunus Suteja. Ia merupakan Ketua I Pukat Nasional yang membidangi spiritualitas dalam pelayanan PUKAT. Ia mengucapkan syukur atas pelantikan pengurus PUKAT Sintang periode 2021-2024 dan berharap PUKAT Sintang bisa menjadi mitra bagi Keuskupan Sintang.

“Visi dan misi utamanya itu adalah mengaktifkan setiap PUKAT di Keuskupan, karena dengan berhasilnya PUKAT-PUKAT di Keuskupan menjadi mitra Keuskupan sendiri itu sudah menjadi suatu keberhasilan bagi PUKAT Nasional,” ucap Julius.

Julius melanjutkan di kepengurusan PUKAT Sintang yang baru ini harapannya adalah agar segala visi misi dan program-program yang akan dirancang kedepan bisa terwujud. Serta tumbuhnya kemitraan yang baik antara keuskupan dengan para professional dan usahawan katolik di wilayah Keuskupan Sintang. (Dby)

Sumber berita: https://rri.co.id/sintang/daerah/1327809/pukat-sintang-targetkan-miliki-yayasan-funeral-di-melawi-tahun-2023